Pemkot Bima Sosialisasikan Gratifikasi Pejabat Pemerintah, Saber Pungli dan TP4D



DISKOMINFO KOTA BIMA.-
Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, melalui Kantor Inspektorat menggelar  Sosialisasi Gratfikasi Pejabat  Pemerintah, Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) di aula Kantor Wali Kota Bima, Kamis (27/12/2018). Kegiatan itu dibuka Asisten I Setda Kota Bima, Drs HM Farid, MSi.
Asisten I mengatakan, untuk mewujudkan penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepostisme (KKN) di lingkup  Pemkot Bima, perlu adanya upaya pengendalian.  Baik terhadap penerimaan maupun pemberian gratifikasi sebagai wujud  integritas pegawai lingkup Pemkot Bima.
Asisten I meminta agar  Pimpinan SKPD dapat menjadi teladan dalam menjalankan roda organisasi.  Hal itu sesuai dengan semangat UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 30 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. 
Disebutkannya, daerah rawan terjadinya, gratifikasi, Pungli di penyelenggaraan pemerintahan daerah, adalah pelayanan publik, pendidikan, perijinan, pengadaan barang dan jasa, kepegawaian, hibah serta bantuan sosial.
Maka, kata Asisten I, upaya untuk mencegahnya adalah memperbaiki sistem pada area kunci, perbaikan aturan pengendalian internal, serta optimalisasi pelaporan gratifikasi. Selain itu, perlu meminimalkan budaya pemberian hadiah di luar ketentuan perundang-undangan.
“Memperkuat peran koordinasi dan kerjasama antara pemerintah daerah, kejaksaan dan kepolisian. Apalagi sudah ditandatangani perjanjian kerjasama yang dihadiri Mendagri guna membangun sinergitas antara Inspektorat dan APH dalam upaya  pencegahan dan pemberantasan korupsi di lingkungan pemerintah daerah.
“Selain itu, sudah terbentuk Tim Saber Pungli yang terdiri dari  unsur APIP Kota Bima, Kepolisian dan kodim. Juga  TP4D kerjasama antara Kejaksaan dan APIP dalam monitoring pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkot Bima,” ujarnya.
Diharapkannya, melalui sosialisasi ini OPD sebagai pemeran kunci, mendukung perbaikan kinerja internal dan perbaikan layanan kepada masyarakat, sehingga dapat mewujudkan clean governance dan good governance.
Sosialisasi itu menghadirkan narasumber, kepolisian dan kejaksaan. Kepolisian diwakili Wakapolres Bima Kota, Kompol Yusuf taurizi, SIK dan Kasi Intel Kejari Bima, M Ikhwanul Fiaturrahman, SH.
Acara sosialisasi ini di Pandu oleh  Kepala Inspektorat Kota Bima, Dr Ir H Syamsuddin MS, MSi,  dan selaku ketua panitia penyelenggara adalah sekretaris Inspektorat kota bima dan menghadirkan seluruh  Pimpinan OPD dan sekretaris opd lingkup Pemkot Bima. Dan Kabid Kominfo Kota Bima, Drs Ahmadi, M.si hadir pada kegiatan tersebut sebagai peserta sekaligus sebagai  anggota Saber Pungli kota bima.