PENYELENGGARAAN SELEKSI PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA (PASKIBRAKA) TINGKAT KOTA BIMA DAN TINGKAT PROVINSI/TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019




14 Feb 2019


PENYELENGGARAAN SELEKSI PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA (PASKIBRAKA) TINGKAT KOTA BIMA DAN TINGKAT PROVINSI/TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

Oleh : Admin Pemerintah Kota Bima    Tanggal 12-02-2019  PENYELENGGARAAN SELEKSI PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA (PASKIBRAKA) TINGKAT KOTA BIMA DAN TINGKAT PROVINSI/TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

 

PENYELENGGARAAN SELEKSI PASUKAN

PENGIBAR BENDERA PUSAKA (PASKIBRAKA)

TINGKAT KOTA BIMA DAN TINGKAT

PROVINSI/TINGKAT NASIONAL

TAHUN 2019

 

 

 

                                                              

DINAS PARIWISATA KOTA BIMA

TAHUN 2019

 

 

PANDUAN  

PENYELENGGARAAN SELEKSI PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA

(PASKIBRAKA)

TINGKAT KOTA BIMA DAN TINGKAT PROVINSI NTB/NASIONAL

TAHUN 2019

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Pada Tahun Anggaran 2019, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pariwisata Kota Bima Pada Bidang Pemuda dan Olahraga akan mengadakan Kegiatan Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Bima dan Provinsi NTB/Nasional Tahun 2019.

            Agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan dapat mencapai hasil maksimal, maka perlu disusun pedoman kegiatan Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Bima dan tingkat Provinsi NTB/Nasional Tahun 2019 sebagai acuan dan pegangan bagi seluruh komponen yang terlibat dalam kegiatan baik Peserta, Tim Penilai maupun Panitia dan Pembatu Kegiatan.

.

Kota Bima,       Februari 2019

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima,

 

 

 

 

Sunarti, S.Sos.,MM

NIP. 19620706 198602 2 007

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab I. Pendahuluan

 

 

  1. Latar Belakang

Upaya untuk meningkatkan kualitas pemuda merupakan keharusan bagi setiap Bangsa dan Negara ditengah berbagai perubahan yang melingkupi dinamika dunia kepemudaan saat ini, dimana peningkatan kualitas diperlukan dalam pengembangan komunitas masyarakat dan menjunjung nilai-nilai keadilan sosial.

Untuk membina dan mengembangkan potensi generasi muda tidak hanya melalui pendidikan formal dan pendidikan non formal, salah satunya adalah mengikuti kegiatan Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Pasibraka). Kegiatan ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk dapat Meningkatkan pengetahuan tentang nilai-nilai kebangsaan dan kejuangan agar menjadi kader penerus perjuangan bangsa yang berbudaya Indonesia, memiliki akhlak mulia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sifat ramah, tidak sombong, bertanggung jawab dan memiliki semangat tinggi untuk mengisi kemerdekaan serta meneruskan nilai-nilai luhur bangsa indonesia.

 

  1. Landasan Hukum
  2. Undang-undang nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan;
  3. Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 tentang kedudukan Tugas. Fungsi, Susunan, Organisasi dan Tata Kerja Kementrian Negara;
  4. Peraturan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Nomor : 193 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementrian Pemuda dan Olahraga.
  5. Peratuaran Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Nomor : 003 tahun 2014 tentang Pedoman Kegiatan Paskibraka.

 

  1. Tujuan

Tujuan dari pembetukan Paskibraka adalah :

  1. Meningkatkan dan mengembangkan rasa kesadaran nasional untuk mensyukuri kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Memupuk semangat kebangsaan, kecintaan serta turut memiliki bangsa dan negara Republik Indonesia di Kalangan generasi muda.
  3. Mewujudkan kader-kader patriot pembela bangsa dan negara dikalangan generasi muda.
  4. Mengembangkan sikap disiplin dengan mengikutsertakan pemuda Indonesia pada peringatan hari-hari bersejarah.
  5. Membentuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dalam rangka upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus.

 

  1. Pengertian dan Hakikat Seleksi

Seleksi pada dasarnya memiliki arti sebagai pemilihan, dikaitkan dengan Seleksi Paskibraka, maka seleksi disini memiliki arti “ Pemilihan Siswa-siswi Sekolah Menengah Tingkat Atas dan sederajat yang masih duduk dikelas 1 (satu) dari berbagai Sekolah, yang akan ditugaskan dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk melaksanakan pengibar dan penurunan Bendera Pusaka pada peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia di tingkat Kota Bima dan tingkat Provinsi NTB/Nasional.

 

  1. Pelaksanaan Seleksi

Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Bima dan Provinsi NTB/Nasional dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Bimayang menangani program kepemudaan di  Bidang Pemuda dan Olahraga atau panitia yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Walikota Bima tentang Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Bima dan Provinsi NTB/Nasional di Kota Bima.

 

  1. Tahapan,  Tempat dan Waktu seleksi

       Seleksi dilaksanakan secara berjenjang dengan penjadwalan sebagai berikut :

 

  •  

Tahapan Seleksi

  •  
  •  
  1.  
  1.  

Tingkat Sekolah

Sekolah Masing-Masing

Januari 2019

 

  1.  

Tingkat Kota Bima

Gedung Seni dan Budaya

  •  

 

  1.  

Tingkat Provinsi

Gedung Seni dan Budaya

April 2019

 

 

  1. Kepanitiaan dan Tim Penilai/Tim Seleksi

Agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan terorganisir dengan baik maka akan dibentuk Kepanitiaan dan Tim Penilai Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Bima dan Provinsi NTB/Nasional tahun 2019 yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Walikota Bima.

 

 

 

 

  •  
  • Pembina                            :    Walikota Bima        
  • Wakil Pembina                 :    Wakil Walikota Bima
  • Pengarah                          :    Sekda Kota Bima
  • Wakil Pengarah               :    Kesejahteraan Sosial dan Kepemerintahan (Asisten ) I
  • Ketua                                 :    Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima
  • Wakil Ketua                      :    Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Bima
  • Sekretaris                          :    Kasi Sarana Prasarana Pemuda dan Olahraga
  • Koordinator                       :    Kasi Pembinaan Keolahragaan
  • Anggota                             :    5 Orang Staf Dinas Pariwisata Kota Bima        
  • Pembantu Kegiatan        :    5 Orang Staf Dinas Pariwisata Kota Bima

 

TIM Penilai terdiri dari Unsur Dinas Pariwisata, TNI AD, Polri, dan Purna Paskibaraka Indonesia (PPI).

 

  1. Pembiayaan

Sumber anggaran dalam pelaksanaan kegiatan Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusakan (Paskibraka) tingkat Kota Bimadan tingkat Provinsi NTB/Nasional Tahun 2019 bersumber dari DPA Dinas Pariwisata Kota Bima Tahun 2019.