SELEKSI PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA




29 Mar 2019


SELEKSI PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA

Oleh : Admin Pemerintah Kota Bima

Tanggal  Kamis, 28 MAR 2019

 

PANDUAN

PENYELENGGARAAN SELEKSI

PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA (PPAN)

TINGKAT KOTA BIMA/ PROVINSI/ NASIONAL

TAHUN 2019

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Pada Tahun Anggaran 2019, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Priwisata Kota Bima pada Bidang Pemuda dan Olahraga akan mengadakan Kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Kota Bima/Pprovinsi/Nasional            tahun 2019.

            Agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan dapat mencapai hasil maksimal, maka perlu disusun pedoman kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Kota Bima/Provinsi/Nasional Tahun 2019 sebagai acuan dan pegangan bagi seluruh komponen yang terlibat dalam kegiatan baik Peserta, Tim Penilai, Panitia maupun Pembantu.

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab I

Pendahuluan

 

A.     Pendahuluan

Penyelenggaraan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tingkat Kota Bima tahun 2019 yang dihadiri oleh 6 Perguruan Tinggi dan 41 Karang Taruna  Sekota Bima di wakili masing-masing 1(satu) orang Putra, merupakan suatu bentuk kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan wawasan dan kreativitas pemuda.

Betuk kegiatan inilah yang ingin dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kota Bima pada bidang Pemuda dan Olahraga, dan tentunya harapan semua pihak berbagai kegiatan yang dilakukan juga akan meningkatkan produktifitas dan menjauhkan pemuda dari prilaku destruksif dengan memberikan beragam kegiatan positif sekaligus dapat meningkatkan kemampuan teknis dan ketrampilan menjadi pemuda yang berwawasan, mandiri, kreatif dan menciptakan kader-kader Pemimipin bangsa yang berwawasan Internasional.

 

B.    Landasan Hukum

a.      Undang-undang nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan;

b.      Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 tentang kedudukan Tugas. Fungsi, Susunan, Organisasi dan Tata Kerja Kementrian Negara;

c.      Peraturan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Nomor  : 193 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementrian Pemuda dan Olahraga.

d.      Peraturan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Nomor: 003 Tahun 2014 tentang Pedoman kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

 

C.    Tujuan

Tujuan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tingkat Kota Bima/Provinsi Nasional Tahun 2019 adalah :

1.    Mempererat persahabatan dan kerja sama pemuda Indonesia dengan pemuda dari negara lain.

2.    Meningkatkan rasa saling pengertian diantara masyarakat khususnya generasi muda dengan Negara tujuan.

3.    Menciptakan Kader-kader pemimpin bangsa yang berwawasan internasional.

4.    Memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk lebih mengenal adat istiadat, kesenian dan budaya di Negara tujuan, tukar menukar pengalaman di Negara serta melakukan kegiatan bersama di Negara lain yang akan menimbulkan kegiatan saling pengertian, penghormatan dan toleransi dikalangan generasi muda.

5.    Generasi muda diharapkan mampu menciptakan jaringan informasi, komunikasi dan bisnis.

BAB  II

PEMUSATAN SELEKSI PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA (PPAN)

TINGKAT KOTA BIMA/PROVINSI/NASIONAL TAHUN 2019

 

A.     Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

Merupakan program tahunan hasil kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan Negara-Negara sahabat dan telah diadakan sejak tahun 1973. Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) adalah salah satu program Pemerintah dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global di masa mendatang. Program ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Kota Bima. Program ini dilaksanakan pemerintah melalui Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga dengan mengirimkan duta muda terbaik Kota Bima di berbagai program pertukaran. Skema pendanaan berbagai program pertukaran tersebut ditangani oleh PemerintahKota Bima bersama dengan pemerintah negara-negara sahabat dan juga organisasi lain yang menjadi mitra program yang bersangkutan.

 

ASEAN Students Visit India (ASVI) merupakan program tahunan yang dilaksanakan dengan adanya kolaborasi antara Kementerian Luar Negeri India, Konfederasi Industria India (CII), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia. Pada tahun 2015, sekitar 250 mahasiswa dan pemuda dari sepuluh negara ASEAN dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myamar, Filipina, Singapura, Thaiand dan Vietman di undang dalam Program ini.

 

B.    TAHAPAN  KEGIATAN

1.    Persiapan

Aktivitas persiapan dalam kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tingkat Kota Bima/Provinsi/Nasional meliputi antara lain:

1.    Rapat persiapan antara Tim Penilai, Panitia dan Pembantu untuk memastikan kesiapan dan tanggungjawab masing-masing.

2.    Mempersiapkan sarana dan prasarana Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Kota Bima/Provinsi/Nasional.

3.    Persiapan akomodasi dan konsumsi untuk para peserta

 

 

 

 

 

2.    Pelaksana

Pelaksanaan Seleksi meliputi kegiatan. sebagai perwakilan dari Mahasiswa/i Perguruan Tinngi dan Pemuda Karang Taruna Sekota Bima pada bulan April tahun 201Program ini dibuat untuk menjaring pemuda-pemuda terbaik Kota Bima untuk bisa menjadi duta ke Nasional. Program ini merupakan sebuah program yang sangat positif karena mampu meningkatkan minat berkompetisi para pemuda untuk saling memacu diri dalam mengembangkan wawasan yang luas, beradat, dan memiliki keterampilan tinggi sehingga bisa membawa nama harum negeri ini di mata dunia .

mampu untuk terus belajar dan mengembangkan diri serta potensi yang ada didalam sebagai manusia yang memiliki akal & budi agar kelak dapat meraih segala impian dan cita-cita yang pasti dapat menjadi manusia berguna bagi bangsa dan Negara.   

 

3.    Monev dan pelaporan

Monitoring dan evaluasi (Monev) Kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Kota Bimadilakukan untuk memastikan agar kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Kota Bimaberlangsung sesuai dengan rencana dan dapat diukur tingkat keberhasilan. Monev biasa dilaksanakan diawal, ditengah maupun diakhir kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara. (PPAN) Pelaporan kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara Tingkat Kota Bima merupakan aktivitas terakhir yang harus dilakukan dalam kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Kota Bima. Pelaporan kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN).

 

C.    Kommponen Kegiatan   

1.    Peserta

Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan hasil seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara ditingkatPerguruan tinggi dan Karang Taruna seKota Bima.

 

2.    Penilai

Penilai adalah orang yang mempunyai ketrampilan, kemampuan, kedispilinan dan bertanggungjawab atas terlaksananya kegiatan.

 

 

 

3.    Panitia

Panitia pelaksana adalah instansi pemerintah yang memiliki tanggung jawab mengelolah anggaran kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Maksud dari pengelola kegiatan adalah selain bertanggung jawab atas kelancaran proses, termasuk juga melakukan persiapan administrasi teknis, mengatur personil, pengadaan  perlengkapan, melakukan pengawas dan pengendalian seluruh aspek pendukung kegiatan.

 

D.    Sarana dan Prasarana kegiatan.

1.    Sarana dan Prasarana akomodasi dan konsumsi yang memadai

2.    Tempat Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

3.    Pakaian.

 

E.     Waktu Pelaksanaan  

/*a #footer{ color: white !important; }*/