Launching HUT Kota Bima ke-17, Meriah




06 Apr 2019


Peluncuran atau launching rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Bima ke-17 secara resmi dilakukan oleh Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, pada Sabtu, 6 April 2019, di Pantai Lawata. Peluncuran ditandai dengan pemukulan gong, sekaligus membuka Festival Lawata.

Hadir anggota DPR RI H. Muhammad Syafruddin, ST, MT, Bupati Bima, pimpinan DPRD Kota Bima, Ketua Pengadilan Negeri Raba – Bima, Dandim 1608/Bima, Kapolres Bima Kota, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Sekda Kota Bima, Sekda Kabupaten Bima, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Ketua Dekranasda Kota Bima, Ketua Dekranasda Kabupaten Bima, kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kota Bima, pimpinan BUMN/BUMD dan instansi vertikal, organisasi wanita, serta masyarakat umum.

Selain pembukaan Festival Lawata, launching diawali kegiatan jalan sehat berhadiah yang diprakarsai oleh Dekranasda Kota Bima, diikuti oleh ASN, pelajar, aparat, pegawai BUMN/BUMD dan masyarakat umum, dengan rute mulai dari Lapangan Serasuba dan berakhir di Pantai Lawata.

Di Pantai Lawata kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Mushola Uswatun Hasanah Lawata dan Gedung Tourism Information Center (TIC) yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi NTB tahun anggaran 2018.

Selain itu, kegiatan peragaan busana (fashion show) hasil rancangan desainer Samuel Wattimena yang menampilkan bahan tenun Bima dengan tema “Tenun Bima Go Nusantara” yang diperagakan oleh model dari Jakarta dan Kota Bima.

Menurut laporan Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH, selaku ketua panitia peringatan HUT Kota Bima ke-17, kegiatan ini merupakan bantuan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui Deputi Pemasaran I Regional III.

“Festival Lawata akan berlangsung selama 3 hari, yakni tanggal 6-8 April 2019. Festival ini juga dimeriahkan oleh pentas seni, pameran ekonomi kreatif, parade dan lomba perahu hias tradisional, lomba masak serba ikan dan lomba triatlon”, jelas Sekda Kota Bima.

Selain Festival Lawata, rangkaian HUT Kota Bima telah diawali dengan Haflah Al-Qur’an pada tanggal 5 April 2019 di Lapangan Pahlawan. Haflah merupakan agenda rutin peringatan ulang tahun Kota Bima.

Sekda selaku ketua panitia menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan mendukung serta memeriahkan peringatan HUT Kota Bima ke-17. Secara khusus ucapan terimakasih disampaikan kepada Kementerian Pariwisata RI, Dinas Pariwisata Provinsi NTB, timreatif desainer Samuel Wattimena, serta Kodim 1608/Bima yang menjadi leading sectorlomba triatlon.

Sementara itu, Walikota dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk menggerakkan ekonomi kreatif, khususnya tenun Bima serta usaha kecil lainnya. Selain itu, rangkaian peringatan HUT Kota Bima ke-17 diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempersatukan visi dan misi seluruh masyarakat serta Perangkat Daerah Pemerintah Kota Bima dalam memajukan pembangunan di Kota Bima.

Usai pemukulan gong, Walikota bersama tamu VIP meninjau stand pameran ekonomi kreatif, yang diawali pengguntingan pita oleh Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Ellya H. M. Lutfi.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan penyerahan bantuan bina lingkungan dari dana CSR BRI Bima