Laporan Indeks Kepuasan Masyarakat




12 Apr 2019


 

Oleh : Admin Pemerintah Kota Bima

Tanggal  Kamis, 11 APR 20

Dari Hasil survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi perizinan dan no perizina pada unit pelayanan administrasi perizinan pada dinas penanaman modal dan PTSP Kota Bima tahun 2019 dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. jumlah responden dalam kegiatan survey kepuasan masyarakat tahun 2019 pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP sebanyak 150 orang.
  2. Karekteristik Utama reponden diliohat dari jenis kelamin yang menggunakan layanan publik pada Dinas Penanaman modal dan PTSP tahun 2019 mayoritas laki-laki yang berumur antara 18 s/d 40 tahun, dengan latar belakang penddikam S1 dan memiliki jenis pekerjaan sebagai wirausaha.
  3. Indikator unsur pelayanan administrasi perizinan di Dinas Penanaman modal dan PTSP Kota Bima tertinggi adalah pada indikator Penanganan Pengaduan, saran dan masukan dengan nilai 93,50 dengan kinerja unit Pelayanan pada kategori SANGAT BAIK.
  4.  Unsur pelayanan administrasi perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP kota bima memiliki indikator tersebut adalah pada indikator Persyaratan dengan nilai 70,83 dengan Kinerja unit pelayanan masuk pada katogeri Kurang Baik.
  5. Prioritas pembinaan terhadap peningkatan mutu pelayanan sebagai berikut:
  1. terhadap unsur persyaratan pelayan dengan nilai 70,83 dan kinerja unit pelayanan pada kategori KURANG BAIK.
  2. terhadap unsur prosedur pelayanan dengan nilai 82,50 dan kinerja unit pelayanan pada kategori BAIK
  3. terhadap unsur Waktu Pelayanan dengan nilai 71,33 dan kinerja unit pelayanan pada kategORI KURANG BAIK
  4. terhadap unsur Biaya/tarif Pelayanan dengan nilai 86,67 dan kinerja unit pelayanan pada kategori BAIK
  5. terhadap unsur Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan memperoleh niali 81,33 dan kinerja unit pelayanan pada kategori BAIK.
  6. terhadp unsur kompetensi pelaksana memperoleh nilai 81,33 dan kinerja pelayanan pada kategori BAIK.
  7. terhadap perilaku pelaksanan memeproleh nilai 80,50 dan kinerja unit pelayanan padan kategiru BAIK.
  8. terhadap unsur sarana dan prasarana pelayanan memperoleh nilai 80,33 dan kinerja unit pelayanan pada kategoiru BAIK.
  1. Terhadap unsur-unsur pelayanan yang lainnya yaitu penangan pengaduan, saran dan masukan pelayanan memperoleh nilai 93,50 dan kinerja unit pelayanan SANGAT BAIK ma,um harus tetap ditingkatkan lagi.
  2. Mutu pelayanan administrasi perizinan di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Bima Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan pada Tahun 2019 secara keseluruhan dikategoriakn BAIK dengan nilai 80,90.

Dari 9 (Sembilan) unsur pelayanan yang ditanyakan kepada responden, bahwa terhadap unsur Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan pelayanan mendapat nilai rata-rata terendah sebesar 2,83.

Jumlah nilai Rata-rata per unsur adalah sebesar 29,13 sedangkan jumlah nilai rata-rata (NRR) tertimbang per unsur adalah sebesar 3,24 dan Nilai IKM di Dinas Penanaman modal dan PTSP tahun 2017 adalah sebesar 80,90 dan masuk dalam kategoru interval IKM 76,61-88,30.

Secara kesulurahan dapat disimpulkan bahwa mutu kinerja aparatur pelayanan administrasi perizinan DOMPTSP kota BIma tahun 2019 dalam kategori B dengan mutu pelayanan BAIK, Namun peningkatan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.