Sosialisasi Keamanan Informasi dan Pemanfaatan layanan Persandian




07 Nov 2018


Rabu 7 November 2018 di Aula Pemerintah Kota Bima Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bima melaksanakan kegiatan Sosialisasi Keamanan informasi dan pemanfaatan Layanan Persandian bagi jajaran pengelola informasi daerah. acara tersebut dihadiri oleh  badan Siber dan Sandi nasional (BSSN), Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas/Badan/Kantor/bagian Se- Kota Bima, Peserta kab. Sumbawa barat, sumbawa besar,Dompu dan Kab. Bima,

 

kegiatan sosialisasi di buka secara resmi oleh Walikota Bima yang diwakili oleh Assisten I Kota Bima Bapak Abdul Farid, M.Si. dalam sambutanya beliau menyampaikan untuk mewujudkan tata kelola dan manejemen keamanan informasi pemerintah daerah yang komprehensip, efektif dan efisien guna mendukung peningkatan keamanan informasi pemerintah daerah maka isu strategis yang perlu diperhatikan adalah “keamanan informasi yang mengikuti perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi"

Di era pemerintahan berbasis elektronik  seringkali  dampak negatif akan selalu ada seperti tidak adanya filter informasi/klasifikasi informasi, penyalahgunaan informasi, mengabaikan security dan privacy/lebih mementingkan speed dan kemudahan  sehingga memunculkan kerawanan terhadap informasi yang menimbulkan  cyber crime (virus, trojan, spyware, hecker dll).

Oleh karena itu potensi ancaman,gangguan, hambatan dan tantangan  dari informasi tersebut tidak menimbulkan resiko terhadap politik,ekonomi, sosial maupun pertahanan keamanan.

besar harapan kepala dinas komunikasi dan informatika kota bima Kemajuan tehnologi informasi yang demikian pesat memberikan dampak dan kontribusi besar bagi kelangsungan suatu organisasi dan membuat informasi dapat diperoleh dengan cepat dan mudah.