Kominfo Gelar Bimtek Pengelola PPID OPD




05 Agu 2019


Senin, 5 Agustus 2019 , Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bima selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Bima mengadakan bimtek terkait dengan Pengelola PPID OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima. Acara dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Bima dan dihadiri oleh Ketua KIP Provinsi NTB, Sekda Kota Bima, Staf Ahli, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima dan Peserta undangan bertempat di Aula Pemerintah Kota Bima. 

Bimtek tersebut bertujuan sebagai acuan bagi badan publik untuk membuka informasi seluas-luasnya dengan batasan informasi yang dikecualikan sesuai dengan UU No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, serta tanggung jawab dan wewenang PPID dimasing-masing SKPD dalam menyediakan informasi publik. 

Pada kesempatan tersebut, narasumber pada bimbingan teknis ini adalah ketua Komisi InformasiPublik Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan pembahasan terkait dengan:

1.  Peran PPID dan PPID Pembantu dalam Pelayanan Serta Penyediaan Informasi Publik;

2. Indikator Monitoring dan Evaluasi Badan Publik;

3. Keterbukaan Informasi Publik Serta Pembagian Informasi Menurut Jenisnya (Berkala, Setiap Saat dan Serta Merta).

Dalam Penyampaian laporan ketua pantia, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bima menyampaikan harapkan kepada seluruh PPID OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima untuk dapat melengkapi data/dokumen website OPD dan portal khusus PPID OPD masing-masing, baik informasi yang bersifat berkala, setiap saat maupun informasi serta merta, sehingga  daftar informasi publik di masing-masing OPD tersedia sebagai dasar pengelolaan informasi publik.