Mitigasi Bencana LP2DER




29 Agu 2019


Kamis, 29 Agustus 2019 Bertempat di Aula Kantor Walikota Bima, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima Drs. H. Supratman, M.AP membuka acara Lokakarya Desiminasi Rencana Aksi Komunitas untuk Upaya Mitigasi Bencana di Kelurahan Pane, Manggemaci dan Nae Kota Bima yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Partisipasi Demokrasi Ekonomi Rakyat (LP2DER) bekerjasama dengan Islamic Relief Worldwide dan Pemerintah Kota Bima.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris BPBD Kota Bima Drs. Hamdan, Direktur LP2DER Ir. Bambang Yusuf, Camat Rasanae Barat, Camat Mpunda, Lurah Manggemaci, Pane dan Nae, serta Perwakilan Islamic Relief Worldwide.

"Dukungan dan sinergisitas para stakholder, baik di lingkup Pemerintah Kota Bima maupun komunitas serta masyarakat sangat diharapkan", ujar Direktur LP2DER.

Ditambahkannya, selain upaya mitigasi bencana, LP2DER juga melakukan pemberdayaan ekonomi bagi warga terdampak banjir di tiga kelurahan tersebut, "Untuk membantu masyarakat, kami juga membangun lembaga keuangan tanpa bunga. Dengan harapan lembaga keuangan ini dimanfaatkan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan", ungkapnya

Apresiasi positif disampaikan Asisten I saat menyampaikan sambutan pada pembukaan lokakarya tersebut. "Atas nama Pemerintah Kota Bima, Saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada LP2DER dan Islamic Relief Worldwide atas terselenggaranya workshop ini, insya Allah kegiatan ini akan bermanfaat bagi kita, dan dapat memberikan pencerahan tentang apa dan bagaimana cara mengurangi resiko bencana, sehingga terbentuk sikap ketangguhan terhadap bencana", tuturnya.

Berharap upaya penanggulangan bencana di Kota Bima dapat terus berjalan dengan melibatkan semua stakeholders serta peran aktif dari instansi terkait.