Dinas Kominfotik Berikan Pelatihan untuk Admin OPD

14 Jun 2021

Dalam rangka akan dilaunchingnya Command Center Kota Bima dan Aplikasi E-Lapor, Dinas Kominfotik Kota Bima melaksanakan pelatihan bagi admin dari berbagai OPD lingkup Pemerintah Kota Bima di Ruang TIK Dinas Kominfotik, Senin, 14 Juni 2021.

Pelatihan ini diharapkan admin Tiap OPD dapat menggunakan aplikasi E-Lapor ini dengan baik sesuai dengan SOP yang berlaku pada masing-masing OPD. 

Endang Sri Sumanti, ST., M.Eng, selaku Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Aplikasi Dinas Kominfotik menjelaskan alur dari aplikasi E-Lapor. Pertama, masyarakat melapor, kemudian admin command center meneruskan laporan tersebut ke OPD terkait. Setelah OPD menerima laporan, status akan berubah menjadi proses dimana OPD terkait akan langsung memproses aduan dari masyarakat tersebut.

"Apabila laporan telah diproses maka, status laporan juga akan selesai dan masyarakat bisa mendapatkan hasil laporannya," jelasnya.

Endang yang juga pencipta aplikasi E-Lapor tersebut berharap agar admin dapat menggunakan dan mengelola aplikasi ini secara rutin sehingga laporan dan aspirasi dari masyarakat bisa diselesaikan dengan cepat dan pelayanan publik di kota bima bisa maksimal.

"Yang mana layanan elektronik ini mempermudah pelayanan publik apabila didukung oleh kerjasama seluruh stakeholder yang ada di lingkup kota bima," tutupnya.