Wakil Walikota Hadiri Wisuda Akbid Harapan Bunda




23 Jan 2019


Rabu, 9 Januari 2019, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, menghadiri acara wisuda mahasiswa Akademi Kebidanan Harapan Bunda Angkatan X sekaligus Sumpah Profesi, di Paruga Nae Kota Bima.

Hadir juga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota dan Kabupaten Bima, pimpinan Akademi Kebidanan Harapan Bunda beserta seluruh dosen serta para orang tua dan wisudawan. Mahasiswa Akbid Harapan Bunda Angkatan IX yang diwisuda dan mengikrarkan sumpah profesi sebanyak 39 orang.

Direktur Akbid Harapan Bunda Maya Febriyanti, S.ST, M.Kes, menyebutkan, Visi Akbid Harapan Bunda adalah “menjadi Perguruan Tinggi terpercaya dan berkualitas dalam penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan”.

Tujuan yang ingin dicapai lembaganya yakni (1) Membantu masyarakat untuk mendapat pendidikan yang berkualitas; (2) Menjadi istitusi unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; (3) Tercapainya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; serta (4) Tercapainya pengelolaan institusi yang akuntabel dengan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh lulusan Akademi Kebidanan Harapan Bunda yang diwisuda. Baginya, gelar yang disandang dan diraih ini menjadi bentuk tanggung jawab untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. Setelah lulus, sebagai bidan harus siap mengabdi menjadi tenaga kesehatan di manapun tenaganya diperlukan.

“Sumpah profesi yang hari ini dilaksanakan menjadi pegangan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat”, pesan Wakil Walikota.

Pada kesempatan tersebut dijelaskannya pula bahwa Pemerintah Kota Bima dalam APBD telah mengalokasikan dana lebih dari 20% untuk sektor kesehatan, melebihi ketentuan yang telah ditetapkan secara nasional. Hal ini dalam rangka melakukan berbagai terobosan yakni menyediakan sarana dan prasana kesehatan yang layak bagi masyarakat Kota Bima diantaranya membangun beberapa fasilitas kesehatan, mulai dari Puskesmas plus, Pustu, Polindes, hingga Rumah Sakit. Semua ini diharapkan bermuara pada peningkatan pelayanan dan kualitas hidup masyarakat.

“Tugas Bidan bukanlah tugas yang ringan, nantinya para bidan akan menghadapi banyak tantangan. Oleh karenanya siapkan kekuatan fisik dan mental, serta kebesaran jiwa dalam mengemban amanah yang mulia ini”, pesan Wakil Walikota pada akhir arahannya.***